Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Visi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi Prodi PBI


Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IAIN Parepare didasarkan pada pendekatan berbasis pengguna (stakeholders) atas kompetensi lulusan. Oleh karena itu, dalam penyusunan Visi Misi, Tujuan, dan Sasaran, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris senantiasa memperhatikan apa yang menjadi tuntutan pengguna mengenai kompetensi lulusan. Dengan strategi ini, Prodi PBI dapat menghasilkan lulusan (output) yang mampu memenuhi tuntutan pengguna atas kompetensi (outcomes) yang dibutuhkan. Setelah melalui berbagai tahapan penyusunan, Visi Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi PBI kemudian ditetapkan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare pada tanggal 26 September 2023.


Visi

Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan konsep Applied Linguistics dan High Order Thinking Skills (HOTS) terintegrasi Islam dan budaya untuk menghasilkan lulusan yang religius, inovatif, dan berdaya saing.


Tujuan

  1. Menghasilkan pendidik Bahasa Inggris yang berkarakter religius, inovatif, dan berdaya saing dalam mengaplikasikan konsep Applied Linguistic dan High Order Thinking Skills (HOTS) terintegrasi Islam dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  2. Menghasilkan asisten peneliti yang berkarakter religius, inovatif, dan berdaya saing untuk menghasilkan karya ilmiah berdasarkan konsep Applied Linguistic dan High Order Thinking Skills (HOTS) terintegrasi Islam dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  3. Menghasilkan entrepreneur yang berkarakter religius, inovatif, dan berdaya saing dalam mendukung pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan konsep Applied Linguistic dan High Order Thingking Skills (HOTS) terintegrasi Islam dan budaya.

Sasaran

  1. Peningkatan dan pemutakhiran kualitas pembelajaran Linguistics Bahasa Inggris.
  2. Peningkatan dan pemutakhiran kemampuan dosen dalam memanfaatkan tekhnologi dalam pembelajaran.
  3. Peningkatan dan pemutakhitran kemampuan dosen mengintegrasikan ilmu kebahasaan dan Islam serta budaya dalam pembelajaran.
  4. Peningkatan kualitas output hasil penelitian.
  5. Peningkatan kualitas kolaborasi penelitian (join riset), baik dalam negeri dan luar negeri
  6. Peningkatan pemanfaatan hasil penelitian dan PkM dalam pembelajaran.
  7. Peningkatan kualitas kolaborasi pihak sekolah dan para pelaku usaha yang bergerak dalam bidang pendidikan, pengajaran, pelatihan dan kursus Bahasa Inggris.
  8. Peningkatan pemanfaatan hasil penelitian dan PkM dalam bidang kewirausahaan, SMP/MTs, SMA/MA, /SMK/MAK, dan Lembaga Penyelenggara Pendidikan.


Strategi

  1. Membekali mahasiswa dengan kompetensi (kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial dan profesional) sebagai (calon) Pendidik Bahasa Inggris yang solutif dan humanis dengan memberikan mata kuliah bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Membekali mahasiswa dengan pemahaman Applied Linguistic sebagai (calon) pendidik Bahasa Inggris dengan memberikan mata kuliah Linguistics.
  3. Membekali mahasiswa dengan keterampilan life skills untuk menjadikan mereka (calon) pendidik yang berkarakter religius, inovatif dan berdaya saing dengan kemampuan High Order Thinking Skills melalui pemberian mata kuliah Analitical and Creative Thinking, Personal development dan Innovation.
  4. Mengintegrasikan teknologi terkini yang relevan untuk memperkaya pengalaman belajar melalui mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran.
  5. Melaksanakan mata kuliah keislaman seperti Ilmu Akidah Akhlak, Fiqh Ibadah, Tahsin Al Qiraah, Studi AlQuran dan Hadits.
  6. Melaksanakan praktikum mengajar di sekolah/madrasah atau institusi sederajat yang bekerjasama dengan fakultas dan institut.
  7. Mengembangkan kurikulum bidang Bahasa Inggris di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum.
  8. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya untuk pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah/madrasah atau lembaga Bahasa Inggris lainnya.
  9. Melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Bahasa Inggris di sekolah/madrasah secara tepat dan mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran.
  10. Melaksanakan penelitian yang melibatkan mahasiswa dan dosen guna mengasah kemampuan berpikir kritis, inovatif dan berdaya saing.
  11. Bekerjasama dengan lembaga, institusi nasional dan internasional untuk melaksanakan join riset guna meningkatkan pengalaman dan memperluas wawasan mahasiswa dan dosen terkait penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  12. Meningkatkan pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran.
  13. Melaksanakan penelitian di sekolah/madrasah yang bekerjasama dengan fakultas dan institut.
  14. Melaksanakan publikasi hasil penelitian yang melibatkan maahsiswa dan dosen.
  15. Melaksanakan kerjasama dengan lembaga kewirausahaan guna meningkatkan kemampuan wirausaha mahasiswa.
  16. Membekali mahasiswa dengan keterampilan life skills untuk menjadikan mereka (calon) entrepeneur yang berkarakter religius, inovatif dan berdaya saing dengan kemampuan High Order Thinking Skills melalui pemberian mata kuliah Analitical and Creative Thinking, Personal development dan Innovation.
  17. Penguatan kompetensi kewirausahaan mahasiswa melalui mata kuliah Entrepreneurship.
  18. Membekali mahasiswa dengan kompetensi untuk mengasah komunikasi dan kolaborasi mahasiswa, dosen dan dunia usaha melalui mata kuliah Community Development.