Prodi Pendidikan Bahasa Inggris - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IAIN ...
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IAIN Parepare kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Selama tiga hari, mulai tanggal 28 hingga 30 November 2024, para dosen berbagi ilmu dan pengalaman mereka kepada 49 santri kelas IX MTs Pondok Pesantren DDI Ujung Lare. Tema kegiatan yang diangkat adalah "Building Up English Basic Skill to Santri's Society: A Digital Platform Approach".
Kegiatan ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris para santri melalui pendekatan platform digital yang inovatif. Dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran online, para peserta diajak untuk berinteraksi langsung dengan materi pelajaran dan melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka secara aktif. Antusiasme para santri sangat tinggi selama kegiatan berlangsung, terlihat dari keaktifan mereka dalam mengikuti setiap sesi pembelajaran.
Salah satu hal menarik dari kegiatan ini adalah penggunaan platform digital yang memungkinkan peserta belajar secara mandiri di luar jam kelas. Dosen PBI juga memberikan bimbingan dan dukungan penuh kepada para santri selama proses pembelajaran. "Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi para santri untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka," ujar Dra. Hj. Nanning, M.Pd., Ketua Tim Pengabdian.
Kerjasama antara IAIN Parepare dan Pondok Pesantren DDI Ujung Lare ini diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi lembaga pendidikan lainnya. Dengan menggabungkan potensi dan sumber daya yang dimiliki, kedua lembaga ini berhasil menciptakan program pembelajaran yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para santri, tetapi juga bagi para dosen. Melalui kegiatan ini, para dosen dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka miliki secara langsung dan mendapatkan pengalaman yang berharga dalam berinteraksi dengan peserta didik dari latar belakang yang berbeda. (*)
Tidak ada komentar